Tuesday, November 29, 2016

Isi Kotak Seserahan Lamaran Pernikahan

Isi Kotak Seserahan Lamaran Pernikahan
Isi Kotak Seserahan Lamaan Pernikahan - “Apa saja sih isi seserahan?” adalah pertanyaan yang pasti selalu ditanyakan oleh calon pengantin. Seserahan memang selalu jadi bagian yang paling ditunggu-tunggu oleh calon pengantin wanita. Karena di saat inilah ia bisa memperoleh hadiah yang banyak. Isn’t it exciting? (baca : Persiapan Lamaran Pernikahan)

Isi seserahan memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah di Indonesia karena biasanya ada pakem-pakem yang harus diikuti. Akan tetapi, jaman sekarang semakin banyak calon pengantin yang memilih untuk tidak mengikuti adat dan memilih isi seserahan yang lebih bisa mereka pakai sehari-hari. Ketika saya menikah beberapa waktu yang lalu, saya memilih seserahan yang isinya bisa saya gunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun karena saya memiliki keturunan Minang, maka keluarga saya meminta untuk memasukkan adat tersebut ke dalam seserahan. Salah satunya adalah kue yang bertekstur lengket seperti kue talam. Katanya sih biar saya dan suami bisa lengket selamanya. Hihi.

Isi seserahan untuk calon pengantin wanita:
1. Perlengkapan beribadah
Hal ini tentu sesuai dengan agama yang kamu dan pasangan anut. Untuk pasangan muslim, biasanya calon pengantin wanita akan diberikan mukena, sajadah dan juga tasbih.

2. Pakaian lengkap, tas dan sepatu
Jenis pakaian yang diberikan biasanya tergantung kesepakatan bersama. Beberapa calon pengantin wanita memilih untuk diberikan kebaya dengan kain batik atau songket untuk bawahan, tetapi ada juga yang memilih dress. Tak jarang juga ada yang meminta untuk dibelikan pakaian kerja saja. The choice is yours! Banyak juga yang menambahnya dengan tas (bisa tas sehari-hari atau clutch pesta) dan juga sepatu.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
Seserahan ini biasanya berupa sabun, shampoo, scrub, handuk dan hal lainnya yang biasa kamu gunakan untuk merawat tubuhmu.

4. Peralatan kosmetik
It could be anything from foundation, loose powder, mascara, eyeliner to lipstick!

5. Perhiasan
Perhiasan di sini berbeda dengan cincin pernikahan. Biasanya perhiasan yang diberikan sudah satu set mulai dari kalung hingga anting. Pada pernikahan adat Jawa, biasanya perhiasan yang dipilih adalah perhiasan yang terbuat dari emas, intan, atau berlian. Hal ini memiliki makna agar sang calon mempelai wanita selalu bersinar dalam kehidupannya.

6. Makanan
Makanan ini bisa berupa kue tradisional, kue modern seperti red velvet cake atau bahkan singgang ayam untuk kamu yang memakai adat Minang. Saran dari kami, pilihlah makanan yang kamu memang sukai agar tidak mubazir!

7. Buah-buahan
Pilihlah buah-buahan yang memang disukai oleh kamu dan keluargamu. Sedikit tips dari kami, janganlah meminta buah dengan ukuran besar, seperti semangka. Sebenarnya tidak ada alasan khusus, tapi pasti akan berat banget untuk dibawa! Hehe.

Isi seserahan untuk calon pengantin pria:
1. Perlengkapan beribadah
Bisa hanya sarung dan sajadah atau juga ditambah dengan baju koko. Your choice!

2. Pakaian lengkap dengan tas dan sepatu
Nah biasanya untuk pria bisa diberikan kemeja batik atau jas dengan kemejanya. Jika kamu memiliki budget lebih, kamu bisa menambahkan aksesoris seperti belt atau cufflink.

3. Perawatan tubuh dan perlengkapan mandi
4. Makanan
5. Buah-buahan

Satu hal yang harus diingat, jumlah kotak seserahan tergantung dari kesepakatan kedua calon pengantin. Jadi bukan berarti kotak seserahan harus berjumlah 7 lho! Akan tetapi karena di Indonesia sudah tercampur dengan budaya Jawa, maka jumlah kotak seserahan memiliki jumlah yang ganjil, seperti 5, 7, 9, dan seterusnya. Hal lainnya yang harus diingat adalah kotak seserahan untuk calon pengantin wanita dan calon pengantin pria biasanya memiliki jumlah yang berbeda. Misalnya apabila calon pengantin wanita menerima 9 kotak, maka calon pengantin pria akan menerima kotak seserahan dengan jumlah yang lebih sedikit. Namun tidak ada aturan yang mengikat mengenai hal tersebut, semuanya kembali lagi kepada kesepakatan antara kedua belah pihak. Jadi jika kalian ingin memberikan dan menerima jumlah yang sama then go ahead!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Isi Kotak Seserahan Lamaran Pernikahan

0 komentar:

Post a Comment