Tuesday, November 29, 2016

Persiapan Saat Menggelar Resepsi Pernikahan di Rumah

Persiapan Saat Menggelar Resepsi Pernikahan di Rumah - Ketika pertemuan antara dua keluarga telah dilakukan, kini tibalah saatnya memilih tempat yang tepat untuk melangsungkan resepsi pernikahan. Resepsi pernikahan merupakan momen terindah dari sebuah pernikahan, di saat itulah seluruh keluarga berkumpul menjadi satu untuk membantu para calon mempelai dalam mempersiapkan segala hal untuk menciptakan momen pernikahan terasa begitu spesial.

Begitu banyak pilihan dalam menentukan venue untuk pesta resepsi, namun bagi masyarakat Indonesia mengadakan resepsi di rumah merupakan salah satu pilihan. Walau hal ini sangat sering dilakukan oleh calon mempelai kita, namun beberapa hal di bawah ini mungkin saja sempat terlewatkan oleh Anda dan pasangan. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjalani momen indah tersebut, ini dia ulasan selengkapnya.

Persiapan Saat Menggelar Resepsi Pernikahan di Rumah

Partisi
Besar kecilnya rumah Anda harus menjadi patokan bila ingin menyelenggarakan pesta resepsi di rumah. Keunggulan menjalani pesta di rumah sendiri ialah Anda memiliki free-shift bagi para tamu yang hadir tanpa harus membayar apapun. Ketahuilah, bila Anda melakukan resepsi di sebuah gedung, patokan waktu menjadi hal yang wajib dipatuhi selama berlangsungnya acara.

Walau rumah Anda terbilang mungil, jangan segan untuk mulai memilah tempat menjadi beberapa bagian. Bagian yang harus Anda persiapkan ialah pelaminan, bagian khusus keluarga, ruang bagi tamu, ruang catering dan ruang flow untuk keluar masuknya para tamu juga harus diperhatikan. Ini semua demi lancarnya acara tanpa adanya kendala yang berarti. Semua mempelai menginginkan hari indah tersebut lancar 100%, namun kembali lagi, setiap kendala yang ada harus tetap diminimalisasi selama berlangsungnya acara.

Vendor
Bila telah mengetahui bagian-bagian yang harus tersedia selama Hari H, maka Anda dapat mulai menentukan vendor apa saja yang harus mulai dicari. Vendor yang pertama yang harus Anda temukan ialah vendor dekorator, merekalah yang akan mengatur segala macam hal untuk melengkapi hari resepsi Anda, berbagai macam dekor akan dibuat khusus pesanan Anda, mulai dari pelaminan, altar, tempat siraman, dan tenda. Ya.. usahakan vendor dekorasi yang telah Anda pilih juga dapat menghasilkan dekorasi tenda yang menarik.

Selanjutnya vendor katering. Walau keluarga Anda kumpulan koki sekalipun, Anda tetap membutuhkan tenaga dari para caterer. Vendor katering biasanya telah melengkapi makanan turut serta dengan para pelayan yang akan bertanggung jawab dalam kebersihan makanan sebelum dan sesudahnya. (baca : Cara Menghitung Porsi Catering)

Untuk menghemat biaya lain yang biasanya dikeluarkan bila di venue selain rumah, gunakan hal unik dari setiap ruang di rumah Anda. Utarakan keinginan Anda dalam menghias beberapa ruangan yang akan diubah untuk hari istimewa.

Merapihkan Taman
Taman di sekeliling rumah bisa menjadi tempat yang cocok untuk mengadakan resepsi di alam terbuka. Untuk mempersiapkan taman yang asri dan indah seminggu sebelumnya Anda dapat menyewa gardener untuk menggunting rumput, membersihkan halaman dan menanam pohon sebagai pemanis untuk hari yang telah dinantikan. Walau terkesan sederhana, namun bila Anda telah memilih taman sebagai salah satu tempat mingle, menyiapkan halaman agar rapih merupakan hal yang harus dilakukan.

Tempat Penginapan
Sudahkah Anda mempersiapkan hal ini? Mungkin saja hal ini sempat terlewatkan dari sekian banyaknya rencana yang telah disusun. Dengan menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah memungkinkan reuni untuk keluarga besar dari kedua belah pihak orang tua Anda.

Mintalah bantuan kepada sanak saudara yang memiliki tempat tinggal tidak jauh dari tempat berlangsungnya acara. Bila memungkinkan Anda juga dapat meminta tolong kepada para tetangga untuk meminjamkan kamar kosong mereka. Yup, inilah gunanya baik terhadap masyarakat sekitar, agar apapun yang Anda lakukan setidaknya membuat mereka juga bahagia dengan membantu menyediakan mini hotel untuk keluarga besar. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, cobalah untuk mencari hotel terdekat dengan kediaman Anda. Pastikan juga berapa orang yang akan menginap baik di rumah dan hotel agar, kamar yang telah dipesan tidak sia-sia.

Perlukah Genset?

Menanggulangi tingginya voltase dari berbagai macam alat listrik pinjaman adalah hal yang sangat dianjurkan. Siapapun pasti tidak menginginkan kejadian mati lampu menimpa pada momen impian Anda bukan? Tanyakan pada vendor dekorasi Anda apakah mereka bersedia menyiapkan genset untuk menyokong kelebihan listrik, bila memang tidak tersedia Anda harus mulai mencari lagi, setidaknya enam bulan sebelum Hari H agar momen tersebut menjadi momen positif yang tidak akan pernah terlupakan.

Vendor Meeting
Pastikan sebulan sebelum datangnya hari pernikahan Anda dan vendor telah mempersiapkan segala hal, mulai dari yang hal yang kecil sampai dengan hal esensial. Lengkapi semua kebutuhan minimal dua minggu sebelum Hari H. Datang mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sambil melihat lokasi, menjadikan vendor lebih mengerti suasana lapangan yang harus mereka hadapi dan apa saja yang harus mereka persiapkan.

Perijinan
Apapun acara yang dilakukan, selama itu masih di dalam kawasan perumahan, ada baiknya meminta ijin dari berbagi pihak yang terkait di lingkungan sekitar. Mulai dari satpam, truk pengangkut sampah, RT sampai dengan warga di sekeliling rumah. Hal ini memungkinkan mereka bekerjasama untuk mensukseskan acara resepsi pernikahan Anda dan pasangan. Perbantukan para satpam pada tempat-tempat yang di anggap dapat dijadikan lahan parkir, agar tidak terjadinya kekisruhan pada saat acara dengan hadirnya pihak-pihak yang tidak berkenan. Begitu juga dengan truk pengangkut sampah agar bersedia mengambil sampah-sampah setelah berakhirnya acara.

Izin terutama diberikan kepada kepala RT di lingkungan rumah Anda, bisa jadi ialah orang pertama yang akan mengatur jalannya hiruk pikuk di luar rumah Anda. Mintalah ijin pada warga sekitar perumahan, khususnya yang terdekat agar tidak menjadi kendala dengan ketidaktahuan mereka saat berjalannya acara.

Plan B
Harus! Selalu siapkan rencana kedua, banyak hal yang Anda pikir tidak mungkin bisa menjadi mungkin bila Hari H telah tiba. Contohnya Anda tidak mungkin memastikan keadaan cuaca bukan? Nah, kini saatnya mencari opsi lain, bila cuaca tiba-tiba menjadi tidak bersahabat Anda telah memiliki jalan keluarnya. Salah satu contoh, bila Anda menyiapkan luar ruang menjadi tempat berlangsungnya pesta, maka sewalah tenda yang berkapasitas sejumlah tamu undangan Anda. Pastikan juga telah terdapat pendingin di dalam tenda tersebut, agar bila hujan menerpa, tenda dapat ditutup dan para tamu tidak kekurangan oksigen.

Persiapkanlah berbagi hal mulai dari enam bulan sebelum berlangsungnya acara. Apapun yang telah Anda lakukan dan terjadi pada hari bahagia Anda merupakan momen seumur hidup yang akan selalu dikenang oleh para tamu dan keluarga yang hadir. Jadi pastikan semuanya berjalan sempurna. Bila semua hal diatas belum di persiapkan, jangan takut untuk memulainya. It's all going to be worth it..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Persiapan Saat Menggelar Resepsi Pernikahan di Rumah

0 komentar:

Post a Comment