Tuesday, November 29, 2016

Tips Memilih Menu Makanan saat Pernikahan

Tips Memilih Menu Makanan saat Pernikahan
Tips Memilih Menu Makanan saat Pernikahan - Pernikahan adalah salah satu momen yang sangat penting dalam hidup. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk memenuhi segala keperluan pesta, termasuk mempersiapkan menu pesta pernikahan. Dalam benak para tamu, suatu pesta pernikahan itu identik dengan makan enak. Menyajikan hidangan yang enak merupakan hal yang penting karena biasanya orang akan menilai keberhasilan suatu pesta pernikahan dari makanannya. Jika hidangan yang kamu sajikan ternyata rasanya kurang lezat atau jumlahnya kurang, hal ini membuat malu sekeluarga dan mengecewakan para tamu. Agar terhindar dari hal-hal demikian, kamu bisa coba cara-cara berikut ini dalam menyiapkan menu pesta pernikahan.

1. Sesuaikan Menu dengan Tema Pernikahan
Apakah pesta pernikahanmu bertema tradisional? Atau internasional? Bila pernikahanmu bertema tradisional, kamu bisa menyajikan menu dengan didominasi oleh makanan daerah seperti bakso, sate, atau siomay. Kamu juga bisa menggunakan peralatan makan tradisional agar nuansanya lebih terasa. Jika kamu menyelenggarakan pesta pernikahan dengan tema internasional, kamu bisa menghidangkan berbagai jenis makanan luar negeri sebagai menu utama, misalnya steak, kebab, atau buffet barbecue.

2. Tentukan Jumlah Makanan

Menentukan porsi makanan merupakan salah satu hal yang penting dalam menyusun menu pesta pernikahan. Jumlah makanan sebaiknya disiapkan lebih banyak dari daftar tamu undangan. Sediakan porsi makanan dengan jumlah 2 kali lipat dari jumlah undangan yang disebarkan, misal jika kamu menyebarkan 500 undangan maka sediakanlah makanan untuk 1000 orang. Tetapi biasanya hanya 85 – 90% tamu undangan yang akan hadir. Selain itu untuk menghitung jumlah buffet dan food stall yang harus disediakan, gunakan ratio buffet : food stall dengan perbandingan paling tidak 60 : 40. Untuk menghitung jumlah food stall, hasil perhitungan ratio tadi sebaiknya dikalikan 3, karena biasanya orang akan mengambil makanan maksimal dari 3 gubug. (baca : Cara Menghitung Porsi Catering)

3. Sediakan Menu yang Bervariasi
Pilihlah menu dengan berbagai ragam jenis. Jangan sampai kamu menyediakan makanan yang semuanya serba daging, serba ikan, atau serba sayuran. Makanan yang bervariasi tentu membuat tamu undangan merasa tertarik. Sediakan beragam masakan agar para tamu undangan bisa memilih makanan yang sesuai dengan selera mereka. Sebaiknya menu pesta pernikahan tidak hanya terdiri dari makanan utama, tapi sediakan juga makanan ringan seperti es krim, puding, atau kue. Anak kecil yang ada dalam pesta pernikahanmu juga pasti akan menyukainya.

4. Pilih Menu yang Disukai Kebanyakan Orang
Pilihlah menu makanan yang pada umumnya sudah dikenal orang, bukan menu yang aneh atau kurang akrab di lidah orang Indonesia. Selain itu, sebaiknya kamu juga menyediakan makanan yang tidak merepotkan saat dimakan, karena banyak orang yang lebih menyukai makanan yang praktis. Hindarilah menu seperti ikan atau iga karena akan membuat tamu repot menyisihkan duri atau tulang dari dagingnya. Bagi para tamu, khususnya wanita, makanan seperti ini juga bisa merusak lipstik.

5.  Sesuaikan Menu Makanan Dengan Daerah Asal Kedua Mempelai
Biasanya jenis makanan pada pesta pernikahan disesuaikan dengan tempat asal kedua mempelai. Menu dalam pesta pernikahan juga bisa mengambil dari masakan khas daerah asal kamu. Jika kamu berasal dari Palembang, kamu bisa memilih hidangan seperti pempek atau tekwan. Jika pasanganmu berasal dari daerah Solo, tidak ada salahnya untuk menghidangkan pula selad solo pada saat pesta pernikahan. Pastikan menu makanan yang disediakan sesuai dengan citarasa kamu, pasangan, dan keluarga ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Menu Makanan saat Pernikahan

0 komentar:

Post a Comment