Saturday, January 28, 2017

Tips Lancar saat Ijab Qabul

Tips Lancar saat Ijab Qabul
Tips Lancar saat Ijab Qabul - Setelah melamar pasanganmu secara resmi, kini kamu pun bersiap untuk menyiapkan rencana pernikahan. Ada banyak kebutuhan yang harus disiapkan. Tapi terlepas dari kesibukan tersebut, kamu tetap harus mempersiapkan diri untuk ijab qabul di depan penghulu.

Ya, bagian terpenting dari rangkaian acara pernikahan adalah prosesi ijab qabul. Seringkali pengantin pria mengalami kegugupan sehingga tidak jarang mengakibatkan mereka cenderung kurang lancar dalam mengucapkan kalimat qabul tanpa jeda pada satu tarikan napas.

Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat, jika ijab qabul tersendat dalam mengucapkannya, salah menyebut nama pengantin, hingga ada jeda saat pengucapan maka bisa dianggap kurang sah dan terpaksa diulang.

Selain itu ada pula yang menganggap jika kalimat ijab qabulnya diulang lebih dari sekali pernikahan tidak akan berlangsung langgeng. Pengantin pria bisa dianggap tidak mantap dalam menikahi wanita pilihannya tersebut. Memang itu hanya mitos sebab belum ada bukti apakah kalimat ijab qabul yang diulang lebih dari sekali tersebut pernikahan akan berlangsung langgeng.

Jadi jangan sampai kalimat sakral yang bunyinya “Saya terima nikahnya dan kawinnya Fulanah binti Fulan dengan mas kawinnya yang tersebut tunai” terlihat grogi diucapkan. Harus mantap, mulus dan lancar serta dalam satu tarikan napas. Karena itu kamu harus menyiapkan diri dengan baik.

Berikut tips agar lancar dalam mengucapkan kalimat sakral ijab qabul.

1. Jangan Gelisah
Perkuat ibadah dan banyak membaca doa pada seminggu sebelum hari H pernikahan. Terus yakinkan diri bahwa pernikahan ini adalah hal yang kamu impikan dalam hidup. Tetaplah tenang dan rileks. Bila masih gelisah juga, cobalah untuk curhat kepada sahabatmu, atau teman dekatmu. Kamu juga bisa curhat ke ustadz agar mendapat wejangan sebelum nikah.

2. Rajin ke Pengajian
Perbanyaknya mendatangi majelis taklim untuk mendengarkan para ustadz memberikan tauziah. Majelis taklim ini sangat berguna untuk menentramkan hati kamu dari segala macam kegundahan dan kegelisahan. Semakin sering kamu datang ke acara pengajian, hati pun jadi ikut tenang dan kamu bisa lebih fokus mempersiapkan pernikahan.

3. Perbanyak Membaca Al-Qur’an
Rajinlah membaca Al-Qur’an untuk membuat hati kamu tetap tenang sampai prosesi ijab qabul tiba. Mintalah kepada Allah agar kamu bisa tenang menghadapi penghulu. Dengan berdoa maka Dia akan membantu menenangkanmu menghadapi hari besar itu.

4. Tidur yang Cukup
Saat menjelang pernikahan, jangan sampai kurang tidur sebab itu hanya akan mengurangi konsentrasimu menghadapi ijab qabul nanti. Kurangilah beban kerjamu di kantor untuk menghindari stres yang datang tanpa henti.

5. Latihan Menghapal Berulang Ulang
Ada baiknya jika kamu latihan terlebih dahulu agar tidak salah ucap saat ijab kabul nanti. Jika tidak sempat menghafal, kamu bisa menyiapkan selembar kertas untuk contekan agar tidak lupa. Menjadi pusat perhatian itu biasanya memang bisa buat lupa segalanya, termasuk kalimat ijab kabul.

6. Jangan Lupa Sarapan
Sarapan ternyata bisa meningkatkan konsentrasimu dalam menghadapi hari besar. Jangan sampai perut kosong keroncongan akibat lupa sarapan. Jadi pastikan kamu kenyang namun tidak sampai kekenyangan agar bisa tetap fokus mengucapkan kalimat ijab qabul.

7. Hadirkan Hati di Depan Penghulu
Seringkali banyak pengantin pria terlihat bengong dan hilang konsentrasi. Kondisi ini akibat gugup yang berlebihan. Cobalah alihkan perasaan gugup itu dengan banyak membaca doa-doa dan buatlah tenang pikiranmu. Usahakan fokus dan hadirkan hati di depan penghulu agar saat membaca kalimat ijab qabul bisa berjalan lancar tanpa cacat.

Jadi selamat berlatih dan persiapkan dirimu dengan baik dan tenang. Cobalah mengendalikan dirimu sampai hari pernikahan tiba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Lancar saat Ijab Qabul

0 komentar:

Post a Comment