Wednesday, December 14, 2016

Daftar Website Populer Layanan Pernikahan di Indonesia

Daftar Website Populer Layanan Pernikahan di Indonesia
Daftar Website Populer Layanan Pernikahan di Indonesia - Industri pernikahan di Indonesia mencapai angka USD 7 miliar pada tahun 2013. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang cukup menjanjikan dalam industri pernikahan. Bagi Anda yang tengah menyiapkan pernikahan dalam waktu dekat ini, berikut empat website populer penyedia layanan pernikahan di Indonesia berdasarkan ranking dari SimilarWeb yang bisa menjadi referensi.

1. Weddingku
Berdiri sejak tahun 2002, Weddingku mengklaim sebagai portal komunitas calon pengantin terbesar di Indonesia. Website ini menyediakan direktori pernikahan lengkap yang mencakup lebih dari 15.000 vendor pernikahan dengan lebih dari 100.000 koleksi produk yang dibagi menjadi beberapa kategori antara lain gaun pengantin, foto, kartu undangan, serta paket pernikahan yang bisa disortir berdasarkan budget dan jumlah tamu.

Vendor dan produk yang tersedia ditampilkan dengan gambar-gambar yang menarik. Sayangnya informasi yang disediakan mengenai vendor dan produk tersebut sangat minim bahkan beberapa foto produk tidak memiliki informasi sama sekali. Selain itu Weddingku juga menawarkan kategori khusus pernikahan tradisional dan paket bulan madu.

2. Bridestory
Startup yang baru saja mendapatkan pendanaan ini memiliki tampilan website menarik yang terinspirasi dari Pinterest., dimana foto-foto dari vendor pernikahan ditampilkan layaknya pinboard dan Anda bisa mem-pin, share dan love foto yang disukai.

Selain itu Anda bisa mencari vendor berdasarkan kategori, lokasi, dan budget. Terdapat 18 kategori berbeda yang bisa Anda pilih seperti katering, dekorasi, make up, foto, dan lainnya. Untuk lokasi pernikahan, pengguna bisa memilih salah satu dari kota-kota yang ada di Indonesia seperti Medan, Jakarta, Surabaya, dan lainnya. Sedangkan untuk sortir berdasarkan budget hanya diberikan pilihan ikon dolar. Hal ini cukup membingungkan dan akan lebih baik jika diberi pilihan sortir berdasarkan rentang harga tertentu.

3. Rumahtaaruf
Dari namanya sudah bisa ditebak, Rumahtaaruf adalah website yang memberikan informasi tentang pernikahan bagi umat muslim. Berbeda dengan dua website sebelumnya yang menghubungkan konsumen dengan vendor, Rumahtaaruf tidak menyediakan vendor pernikahan melainkan hanya menyediakan sarana mediasi proses ta’aruf pranikah islami.

Ta’aruf sendiri adalah bagian dari proses pranikah islami berupa aktivitas berkenalan satu sama lain antar calon pasangan dengan tujuan untuk mencari jodoh. Uniknya proses tersebut diawali dengan dua tahap utama. Pertama, disebut Proses Ta’aruf Online dimana calon pasangan mengenal satu sama lain melalui biodata dan cv yang dikirim ke Rumahtaaruf melalui email. Kedua, apabila sudah cocok dilanjutkan dengan Proses Ta’aruf Offline dimana kedua pasangan bertemu secara langsung untuk mengenal lebih dalam satu sama lain.

Selain itu Rumahtaaruf juga menyediakan artikel-artikel mengenai jodoh, persiapan nikah, kuliah twitter (kultwit) tentang pernikahan, dan lainnya pada website. Sayangnya tampilan website ini sangat sederhana sehingga terlihat kurang menarik.

4. Merityuk
Berbeda dengan Weddingku dan Bridestory dimana pengguna memilih langsung vendor yang diinginkan, Merityuk merupakan website yang lebih memandu pengguna memilih vendor melalui lima tahap yang disebut Smart Planner.

Pertama, dimulai dari memilih tanggal dan lokasi pernikahan. Kedua, menentukan estimasi budget dan jumlah undangan. Ketiga, memilih kategori yang diinginkan seperti dekorasi, foto, gaun, dan lainnya. Keempat, memilih vendor yang ditawarkan berdasarkan kategori yang ditentukan sebelumnya. Kelima, bertemu dengan vendor penyedia produk yang dipilih sebelumnya. Lima tahap tadi cukup menarik untuk membantu mempersiapkan pernikahan. Sayangnya website ini hanya menyediakan enam lokasi pernikahan dan 88 vendor pernikahan.

Demikian empat website populer penyedia layanan pernikahan di Indonesia. Tiga website yaitu Weddingku, Bridestory, dan Merityuk secara umum lebih fokus membantu menghubungkan kosumen dengan vendor pernikahan. Sedangkan RumahTaaruf lebih fokus memberi layanan pra-nikah.

Menurut kami, mengingat besarnya industri pernikahan di Indonesia. Masih ada kemungkinan untuk membuat layanan pernikahan lain yang lebih khusus. Misalnya menawarkan pernikahan sekaligus bulan madu dalam satu paket atau paket pernikahan sesuai dengan adat atau budaya tertentu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daftar Website Populer Layanan Pernikahan di Indonesia

0 komentar:

Post a Comment