Tuesday, February 28, 2017

Seserahan Lamaran Adat Jawa

Seserahan Lamaran Adat Jawa
Seserahan Lamaran Adat Jawa - Menyiapkan pernikahan adalah suatu hal yang melelahkan, menarik dan menghabiskan biaya serta mempengaruhi emosi Anda juga lho. Artikel berjudul Seserahan Lamaran Adat Jawa ini dibuat sebagai pedoman Anda dalam mempersiapkan acara lamaran. Dengan informasi yang cukup akan mempermudah Anda untuk mempersiapkan dari awal apa saja yang dibutuhkan dalam proses lamaran hingga pernikahan. Jadi kami mencoba memberikan rekomendasi untuk Anda tentang barang-barang apa saja yang dibutuhkan saat acara lamaran pernikahan Anda.

Tahukah Anda kalau acara seserahan meskipun sebatas dimaknai sebagai kebiasaan serta simbolis belaka, tetapi hal ini dapat diartikan sebagai kesan pertama dari Anda untuk keluarga dari calon pasangan Anda. Tentunya Anda pasti tidak mau keluarga besar mempelai wanita memberi penilaian yang kurang baik pada keluarga besar, yang akan terlihat dari persiapan anda pada acara seserahan lamaran pernikahan. (baca : Cara Membuat Hantaran Pernikahan Unik)

1. Alat sholat
Isi seserahan pernikahan yang satu ini paling penting yang perlu ada. Alat sholat (untuk pasangan muslim) yaitu simbol kalau hubungan rumah tangga ke-2 suami istri, harus selalu berdasarkan teguh pada agama. Seserahan berupa alat sholat bisa menjadikan simbol pengingat suami istri pada sang pencipta.

2. Satu set cincin nikah
Satu set cincin nikah yang berbentuk bulat tidak ada putus ini memiliki makna kalau cinta sepasang pengantin ini akan abadi selamanya. Cincin ini bisa yaitu simbol pengikat hubungan ke-2 pasangan supaya bisa bersamaan sampai akhir hayat.

3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian
Perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Yang dimaksud bersinar dan penuh harapan di sini yakni dikehendaki pengantin wanita selalu bersinar di kehidupan barunya. Selain itu, pengantin wanita juga dikehendaki tidak mengecewakan keluarga barunya.

4. Seperangkat pakaian putri
Pakaian putri yang dimaksud di sini yakni bahan kebaya dan kain jarik dari bermacam motif batik. Seperangkat pakaian ini memiliki makna kalau masing-masing pihak, baik pengantin pria maupun pengantin wanita harus pintar menyimpan rahasia mereka berdua kepada pihak lain.

5. Buah-buahan
Buah-buahan, terlebih pisang, memiliki makna kasih sayang dan cinta. Seserahan ini memiliki maksud supaya cinta di antara sepasang calon pengantin bisa bermanfaat untuk keluarga dan beberapa orang.

6. Makanan tradisional
Makanan tradisional yang umum diberikan untuk seserahan yakni makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kue lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini yakni supaya cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang hidup. Seperti beras ketan yang setelah dimasak akan jadi lengket.

7. Suruh ayu
Suruh ayu yakni satu set daun sirih yang mempunyai makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan ke-2 pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh.

8. Peralatan makeup
Peralatan make-up yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia membuat perlindungan penampilan calon istri dengan sebaik-baiknya. Diluar itu, seserahan ini bisa berarti pengantin pria bersedia siapkan perawatan tubuh dan make-up untuk calon istrinya.

9. Sepatu/selop
Sepatu atau selop umum diikutkan dalam daftar barang seserahan. Maknanya yakni supaya ke-2 mempelai siap lakukan satu kehidupan baru mereka. Selain itu, ke-2 mempelai dikehendaki dapat selalu ada di jalan yang lurus dan membuat perlindungan hubungan pernikahan mereka selamanya.

Daftar Barang Seserahan Pernikahan

Seserahan itu sebenarnya yaitu simbolisasi tanggung jawab pihak pria pada pihak keluarga wanita. Daftar barang seserahan yang perlu ada untuk setiap kebiasaan kebiasaan dapat berbeda. Untuk adat istiadat Jawa, seserahan biasanya diberikan saat malam midodareni sedangkan untuk adat istiadat Sunda, seserahan biasanya diberikan saat ngeuyeuk seureuh. Tetapi banyak pula yang menyerahkannya bersamaan saat berlangsungnya akad nikah.

Banyak yang mengajukan pertanyaan apa saja sih isi Seserahan? Untuk seserahan adat Jawa, seserahan yang perlu yakni pakaian untuk wanita dari atas sampai bawah. Singkatnya adalah satu set kebaya (bahan kebaya) dan kain jarit bawahannya.

Sebelumnya masuk pada daftar barang seserahan yang perlu disiapkan, sebaiknya anda tahu lebih luas mengenai seluk beluk menyiapkan barang seserahan. Saya rangkumkan sebagian panduan dalam menyiapkan seserahan, mudah-mudahan tak ada yang lewatkan nanti buat anda buat persiapan :
  •     Hendakanya anda bikin daftar-daftar barang yang gagasannya akan dibeli. Ini berguna untuk mengontrol cost, dan bagus juga untuk meyakinkan kapan baiknya anda mulai berburu barang-barang itu. Mudah-mudahan anda dapat juga berburu peristiwa potongan harga yang kerap dikerjakan di peristiwa momen spesial.
  •     Setelah daftar di buat dan cost diputuskan, anda dapat mulai mencicil untuk membelinya mulai jauh-jauh hari. Buat anda yang mempunyai biaya berlebihan pasti dapat segera belanja semuanya barang tadi supaya dapat cepat usai tiap-tiap tahapannya.
  •     Ada sedikit ketidaksamaan untuk rutinitas Jawa : Seserahan baiknya dalam jumlah ganjil sebesar 3, 5, 7,.. 13.. 25.. 39.. Terserah saja yang paling utama ganjil. Besarnya jumlah seserahan umumnya terserah pihak mempelai wanita. Wehehehe.. Maksud saya terserah kesepakatan bersamaan saja.. :)
  •     Hantaran balasan umum juga didapatkan dari pihak wanita ke pihak laki, pastinya daftar barang seserahan tak sejumlah yang didapatkan pihak lelaki ke wanita.
  •     Sebaiknya kelak waktu berburu daftar barang seserahan yang disediakan, mempelai wanita juga harus di ajak. Kadang-kadang mungkin ibu mempelai pria turut repot di bagian ini serta menginginkan turut belanja jadi hadirnya mempelai wanita tetaplah diperlukan. Kenapa sekian? Well, kan seserahan itu kan ujung-ujungnya buat mempelai wanita. Jadi harus sama seperti selera mempelai wanita. Apabila sesuai sama selera ibu mempelai pria takutnya tak pas selera nya. Yaah lain zaman, lain generasi, tentu lain selera lah yaaa.. :)
  •     Beli kotak/wadah hantaran sama seperti selera kita. Tidak butuh mahal yang paling utama cukup layak untuk wadah barang-barang seserahan yang ada. Jangan pernah anda beli tempat yang kekecilan hingga tampak padat serta akan menyusahkan anda dalam mengaturnya.
  •     Apabila ingin menggunakan service hias seserahan, minimal 2 minggu sebelum hari H harus menyerahkan ke tempat hias seserahan. Anda pastinya menginginkan supaya pihak service layanan dapat menghiasinya dengan baik serta tak terburu buru.

Daftar Barang Seserahan Adat Jawa

Nah itu tadi tips-tipsnya. Pertanyaan kemudian, biasanya apa saja sih isi seserahan? Oke ini saya kasih gambaran dengan cara garis besarnya yaah :
  •     Pakaian : Kebaya dan Kain/Baju Kerja/Baju Pesta
  •     Alat-alat perawatan tubuh : Body Lotion, Sabun, Shampoo, Body Splash
  •     Make Up : Pelembab, Foundation, Bedak, Lipstik, Blush on, Eye Shadow, Eye Brow, Eye Liner, Maskara
  •     Sepatu/Selop
  •     Tas
  •     Pakaian dalam/Baju Tidur/Lingerie
  •     Perhiasan/Jam Tangan
  •     Parfum
  •     Makanan dan buah

Untuk makanan bisa berupa kue-kue kering, atau lebih baik lagi seperti jadah, jenang, wajik yang lengket-lengket gitu deh. Kata orang Jawa sih supaya selalu lengket dengan pasangan.

Untuk selalu buah, ada 2 buah jeruk gulung sebagai lambang telah gemulung (berkeinginan bulat). Pisang ayu sebagai lambang sedyo rahayu (sejahtera).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seserahan Lamaran Adat Jawa

0 komentar:

Post a Comment