Saturday, May 25, 2019

Cara Menghemat Biaya Nikah 2019 yang Unik

Biaya nikah 2019 – Untuk memiliki keluarga dan anak, Anda pastinya harus melewati tahapan pernikahan sebagai tahap pengesahan dua belah insan manusia menjadi pasangan suami istri. Dimana pada tahapan ini sering sekali menjadi tahapan paling meriah tetapi juga cukup menguras pikiran, terutama pada saat perayaan upacara pemberkatan pernikahan dan pesta pernikahan itu sendiri. 

Tidak hanya waktu dan tenaga yang harus terkuras habis untuk rencanakan serta melaksanakan rencana tersebut, Anda harus merelakan dana yang terkumpul sejak awal bekerja untuk realisasikan pernikahan yang Anda impi – impikan bersama pasangan. Padahal Anda tahu betul bahwasannya kehidupan sebetulnya baru dimulai pada saat peran Anda dengan pasangan sebagai raja dan ratu sehari di pesta pernikahan berakhir. 

Memiliki keluarga kecil yang bahagia, memiliki rumah sendiri, punya anak, mendidik anak setiap hari, fokus pada pekerjaan, dan mendapatkan promosi untuk peroleh pendapatan yang digunakan untuk kebutuhan keluarga. Hal ini terjadi setelah pesta berakhir. Itu berarti pesta pernikahan tersebut bukan fokus utama mimpi yang ingin Anda dan pasangan bangun. Maka tak perlu membuang cukup banyak uang untuk mewujudkan pesta pernikahan tersebut.

Melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara menghemat biaya nikah 2019 yang sedikit unik. Pas banget Anda lakukan jika ingin memangkas biaya pernikahan Anda.

Cara Menghemat Biaya Nikah 2019 yang Unik


Anggap saja sebuah pesta


Mungkin saja Anda berpikir apa yang dimaksud dengan kata pesta di sini pada saat sedang merencanakan sebuah pesta pernikahan. Pesta perayaan pernikahan biasanya dianggap sebagai acara resmi untuk merayakan shanya status baru bagi pengantin baru. Pesta pernikahan diidentikan dengan sentuhan pakaian mewah dan formal, bunga, serta centerpieces.

Hal yang penting sekali untuk disadari bahwa, pesta pernikahan tak ada hukumnya untuk diadakan secara resmi serta mengundang semua kenalan Anda. Anggapan tersebut benar – benar sebagai sebuah pesta dimana para tamu bakal hadir dan melakukan dua kegiatan penting, yakni memberikan selamat kepada Anda dan menikmati hidangan. 

Garden party


Terkesan sangat biasa – biasa saja untuk mengadakan acara pernikahan indoor di gedung dengan harga yang sudah pasti tidaklah murah. Jika demikian, pakai alternatif lainnya seperti halaman atau taman untuk pesta pernikahan. Tetapi pastikan memilih tempat yang sesuai dengan jumlah tamu undangan yang akan hadir. Selain bisa memangkas anggaran biaya nikah 2019, yang demikian ini juga bisa memberikan kesan unik pada pesta pernikahan Anda nanti. 

Menghilangkan acara tradisi


Cara menghemat biaya pernikahan tahun 2019 yang berikut ini adalah hanya sebatas saran. Kita akui bersama bahwasannya urusan tradisi pernikahan yang khas dari daerah tak hanya perkara pengesahan secara agama juga catatan sipil saja, akan tetapi juga harus menjunjung tinggi nilai kebudayaan dari asal Anda masing – masing. Tak jarang pula diantaranya sangat memakan waktu, biaya, tempat, bahkan sebelum upacara pemberkatan pernikahan tersebut dilaksanakan. Persiapan biaya nikah sederhana 2019 yang harus dilakukan oleh pasangan pengantin ini sebetulnya bagian dari tradisi. 
Jika Anda mengakui bahwasanya Anda dengan pasangan tak terlalu mendetailkan mengenai budaya dalam prosesi pernikahan, tak ada salahnya untuk mencoret beberapa tahapan yang dirasa kurang perlu dan bisa memakan biaya dalam pernikahan Anda nanti.

Memangkas pengeluaran dengan cara kreatif


Silakan Anda canangkan bahwasanya pesta pernikahan ini adalah perayaan yang hanya akan berlangsung dalam satu hari saja. Anda tak perlu harus keluarkan banyak biaya hanya untuk kenangan satu hari. Yang paling penting di sini bukan seberapa megah dan mewahnya pesta yang Anda buat, tetapi seberapa mengenangnya kesan pesta pernikahan tersebut di mata tamu undangan yang datang. Anda tak perlu buat tamu terkesan dengan mahalnya pernikahan, cukup membuat kesan hangat terhadap mereka. 

Daripada menggunakan jasa fotografer atau yang lainnya, sebaiknya sediakan space untuk photobooth yang sifatnya lebih hangat dan personal. Daripada harus sediakan sepiring makan malam untuk para tamu, sebaiknya pakai metode finger food hors d’oeuvres yang bisa menambah rasa kekeluargaan. 

Menu hidangan


Cara lain untuk menghemat biaya nikah murah 2019 adalah tidak membuang – buang dana untuk sesuatu yang pastinya tidak akan dimakan, seperti fondant. Pilih saja jenis makanan secara general disukai semua orang. Buat semuanya dalam bentuk kecil dan siap untuk dimakan. Anda bisa menggunakan alternatif untuk beli beberapa jenis makanan yang bisa dikombinasikan sendiri sesuai keinginan para tamu undangan.

Menggunakan bunga kertas


Bunga asli memang ampuh memberikan kesan anggun dan segar pada dekorasi pesta pernikahan. Tetapi bunga tersebut tidak bisa digunakan berkali – kali, sehingga sayang sekali jika terbuang pada saat keadaannya masih cukup segar. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa pakai alternatif lain seperti bunga kertas untuk memberikan sentuhan kecantikan yang tidak kalah dengan bunga asli, dengan begitu biaya nikah 2019 pun lebih ditekan lagi agar lebih hemat budget.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menghemat biaya nikah 2019 yang unik. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghemat Biaya Nikah 2019 yang Unik