Saturday, December 24, 2016

Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami Lengkap

Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami Lengkap
Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami Lengkap - Susunan acara pernikahan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Tak terkecuali dalam acara pernikahan islami. Karena dengan susunan acara tersebut, jalannya acara pernikahan dapat terlaksana dengan tertib dari awal hingga akhir. Susunan acara pernikahan islami tersebut dimulai pada hari resepsi pernikahan. Jika terdapat acara sebelum hari resepsi, seperti halnya adat, biasanya sudah memiliki susunan acara yang berbeda. Pada umumnya terdapat dua bagian susunan acara dalam pernikahan, yakni akad nikah dan juga resepsi pernikahan. Untuk kali ini, kita akan membahas mengenai susunan acara resepsi pernikahan islami. Resepsi pernikahan umumnya diadakan setelah acara akad nikah. Akad nikah itu sendiri biasanya berlangsung sekitar 1 hingga 2 jam. (baca : Susunan Acara Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan)

Sebelum memutuskan untuk menyusun susunan acara resepsi pernikahan tersebut, anda harus mengetahui dengan jelas lokasi pernikahan yang akan digunakan. Jangan sampai anda salah sebut atau lebih parah lagi tidak tahu lokasi yang digunakan tersebut. Setelah mengetahui lokasinya, anda juga perlu tahu mengenai siapa saja yang akan memberi sambutan dalam acara resepsi pernikahan islami tersebut. Sementara dalam hal sikap, anda harus bersikap ramah. Dengan begitu, suasana hangat acara pernikahan islami dapat tersalur dengan baik. Cara menyusun susunan acara resepsi pernikahan islami tersebut cukup mudah. Biar lebih jelas, langsung saja anda simak susunan acara resepsi pernikahan islami berikut ini.

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Dalam acara resepsi pernikahan umumnya akan diawali dengan acara penyambutan pengantin. Untuk mengiringi acara penyambutan pengantin tersebut umumnya akan ada hiburan seperti halnya lagu nasyid atau sejenisnya. Dengan adanya hiburan tersebut, ruangan resepsi pernikahan islami menjadi tidak kosong. Bahkan bisa juga menampilkan adat kesenian dari daerah kedua pengantin. Dengan begitu, tamu undangan yang hadir akan lebih menikmati suasananya. Susunan acara resepsi pernikahan islami selanjutnya ialah sambutan kepada kedua mempelai dan juga rombongan keluarga yang hadir dalam resepsi tersebut. Kedua pengantin pun langsung dipersilahkan duduk di pelaminan. Sepasang pengantin tersebut didampingi oleh kedua orang tuanya.

Susunan acara selanjutnya ialah tausyiah ringan yang dibawakan oleh seorang ustadz. Pada umumnya, salah seorang ustadz tersebut akan memberikan tausyiah mengenai keutamaan menikah. Kemudian acara tausyiah ini ditutup dengan menggelar doa bersama. Ucapan selamat kepada kedua pengantin baru tersebut dilakukan usai doa bersama. Setelah acara tersebut, para hadirin akan dipersilahkan menikmati sajian makanan serta minuman yang telah disediakan. Makanan dan minuman yang disediakan tersebut dapat terdiri dari berbagai jenis sajian. Hal ini tergantung pada kemauan kedua pengantin baru tersebut. Yang jelas, resepsi pernikahan islami mengharuskan para tamu undangan yang tengah menjamu hidangan makanan serta minuman untuk duduk (bukan pesta berdiri).

Ketika para tamu undangan tengah menikmati hidangan yang ada, ada baiknya jika terdapat hiburan seperti alunan musik nasyid. Dengan begitu, suasana akan lebih menyenangkan dan tidak kaku. Acara selanjutnya yakni foto bersama. Foto bersama sebaiknya diawali dari kedua pihak keluarga besar pengantin, lanjut ke saudara terdekat, lalu sahabat kedua pengantin tersebut. Jika sesi foto bersama telah selesai, kedua pengantin harus turun dari pelaminan. Selanjutnya kedua pengantin tersebut saling berjabat tangan kepada tamu undangan yang hadir. Barian pria untuk bersalaman dengan pengantin pria. Sebaliknya, barisan wanita untuk bersalaman dengan pengantin wanita. Hal ini juga bertujuan agar tali silaturahmi terjalin dengan kuat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Susunan Acara Resepsi Pernikahan Islami Lengkap

0 komentar:

Post a Comment