Thursday, December 8, 2016

Tips Memilih Gedung Pernikahan

Tips Memilih Gedung Pernikahan
Tips Memilih Gedung Pernikahan - Setelah membahas mengenai Tips Memilih Souvenir Pernikahan, satu langkah lagi yang pastinya menentukan keseluruhan acara pernikahan kita adalah pemilihan gedung. langkah pertama untuk menentukan vendor-vendor mana saja yang mau kita pakai untuk acara pernikahan kita ditentukan dari gedung mana yang mau kita gunakan. So, ini beberapa tips untuk memilih gedung pernikahan:

1. Lokasi Gedung
Mungkin kita sudah mengincar beberapa gedung pernikahan dari jauh-jauh hari, baik itu hotel atau pun gedung perkantoran dan lain sebagainya. Tapi setelah kita memastikan diri biasanya malah makin bingung mau menggunakan gedung yang mana, jadi jangan lupa faktor lokasi sangat berdampak besar loh, kita sebisa mungkin memposisikan diri kita sebagai tamu yang diundang, apakah gedung yang kita pilih berada di lokasi strategis atau lokasi yang susah dijangkau. 

2. Budget
Kalau kita ingin menggunakan hotel sebagai lokasi pernikahan kita, pastikan kita tau term&condition di hotel tersebut. Biasanya hotel itu memiliki standard minimum profit yang mereka dapatkan. misalkan harga makanan per orang Rp. 300ribu, minimum pendapatan hotel Rp. 500Juta (hanya untuk lokasi dan makanan saja), berarti jumlah tamu yang kita undang adalah Rp. 500Juta / @Rp. 300ribu = +/- 1.600 tamu (800 undangan)

Sedangkan untuk gedung pernikahan, harganya pun bervariasi tergantung dimana lokasinya. beberapa gedung pernikahan memiliki beberapa jenis ruangan yang memiliki kapasitas dan harga berbeda dalam 1 tempat.

3. Jumlah Tamu Undangan
Biasanya gedung-gedung pernikahan sudah memiliki kapasitas minimal dan maksimal tamu undangan, jadi pilihlah gedung yang sesuai dan pas sama tamu undangan kita. Memang beberapa lokasi pernikahan terlihat begitu menggoda, pas kita tanyakan ternyata minimal tamu yang datang adalah 1.500 tamu, sedangkan kita hanya ingin mengundang 1.000 tamu. Kalau ruangan kita terlalu besar dan tamu undangan yang diundang tidak sebanyak kapasitas gedungnya, maka nantinya akan terlihat seperti kosong pada hari-H, jadi sepi dan seakan-akan banyak tamu undangan yang tidak hadir, padahal itu karena efek ruangan yang terlalu besar. Disamping itu semakin besar ruangan resepsi kita, semakin besar pula dana yang harus kita keluarkan untuk dekorasi pernikahan agar tidak terlihat kosong. Jadi pastikan, kapasitas ruangan dan jumlah tamu yang diundang sesuai yaaaa..

4. Googling Pendapat Mengenai Lokasi Gedung Tersebut
Karena bagusnya sebuah tempat mempromosikan lokasinya, kadang kita suka lupa gimana sih realnya menurut pendapat beberapa orang yang sudah menggunakan gedung tersebut. Cari tahu dari berbagai aspek apakah orang gedungnya dapat diajak bekerjasama dengan baik dan ramah, apakah gedungnya termasuk sulit dijangkau, apakah gedungnya terlalu banyak mengambil fee charge dari hal-hal yang tidak terduga, dan lain sebagainya.

5. Datang Pada Saat Terdapat Resepsi Pernikahan
Untuk mendapatkan feel resepsi pernikahannya, yok sediakan waktu untuk berkunjung pada saat terdapat resepsi pernikahan seacra langsung, jadi kita dapat merasakan apakah gedung ini cocok untuk kita. sekalian juga kita bisa survey apakah akses ke gedung tersebut macet atau tidak, bagaimana tempat parkir nya, penerangan jalannya dari luar ke dalam seperti apa. Pokoknya bayangkan apakah tamu kita akan nyaman jika datang ke pesta pernikahan kita.

Pertanyaan yang Sebaiknya Diajukan Kepada Pengurus Gedung

Pasti kita juga bingung kan pada saat datang ke gedung apa saja sih pertanyaan yang mau kita ajukan. Mungkin kita hanya ngikut aja ke mana marketing memberitahukan beberapa ruangan dan tidak ada bayangan apa yang mau kita tanyakan, nah biasanya berikut pertanyaan yang sering diajukan saat survey gedung-gedung pernikahan:
a. Berapa harga sewa gedung nya saja? dan untuk berapa jam harga sewa tersebut (rata-rata gedung di daerah jakarta memberikan waktu 4 jam untuk resepsi)
b. Berapa harga sewa tambahan per jam jika lewat dari waktu yang ditentukan?
c. Jika mau menggunakan gedung tersebut sebagai akad, berapa harga sewanya?
d. Kapan biasanya dekorasi pernikahan masuk? H-1 dari jam berapa dan sampai jam berapa?
e. Apakah terdapat paket wedding yang diberikan oleh gedung?
f. Berapakah kapasitas minimal dan maksimal gedung?
g. Berakah daya listrik gedung?
h. Lihat lokasi ruangan rias pengantin dan keluarga dekat? berapa kapasitas ruangan tersebut?
i. Dimanakah toilet untuk pengantin & keluarga? dimanakah toilet untuk para tamu?
j. Minta list vendor pernikahan
k. Berapa fee tambahan jika kita membawa vendor pernikahan sendiri?
l. Bagaimanakah cara pembayaran gedung tersebut?
m. Apakah terdapat fasilitas free gladiresik?
n. Biaya-biaya yang mungkin ada diluar charge harga gedung?
o. Minta gambarkan denah wedding (dimanakah panggung pernikahan, lokasi music, lokasi VIP, lokasi tamu masuk, lokasi meja penerima tamu, dll)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Gedung Pernikahan

0 komentar:

Post a Comment