Friday, April 26, 2019

Persiapan Pernikahan Dalam Islam : Hindari Kesalahan Ini!

Persiapan pernikahan dalam Islam - Dalam persiapan pernikahan menurut syariat Islam, memang ada banyak sekali hal – hal yang penting sekali untuk Anda siapkan. Selain menyiapkan fisik yang akan menguras tenaga, pesta pernikahan pada dasarnya juga akan membuat Anda harus menyiapkan hal – hal nyata dibalik prosesor resepsi tersebut. 

Persiapan pernikahan dalam Islam ini memang haruslah Anda rencanakan jauh – jauh hari sebelum waktu pelaksanaan tersebut tiba. Dengan begitu akan ada beberapa hal pada perencanaan penyelenggaraan pernikahan yang salah, atau pun yang tidak terealisasikan sesuai rencana Anda. Apalagi bila Anda memang tidak melakukan perencanaan terlebih dulu. Lalu, seperti apa sih kesalahan – kesalahan yang sering sekali tidak terealisasikan dan gagal dalam perencanaan pernikahan? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Persiapan Pernikahan Dalam Islam : Hindari Kesalahan Ini!

Pesan tempat sebelum membuat daftar tamu

Pada dasarnya ini tidak hanya kesalahan dalam persiapan pernikahan dalam agama Islam saja. Memesan gedung pernikahan sebelum membuat daftar para tamu yang jelas tentu sangat riskan dan berpotensi membuat pesta pernikahan Anda akan berubah jadi kacau. Untuk membuat para tamu undangan lebih nyaman lagi pada saat resepsi berlangsung tentu saja tempat yang cukup dan sesuai dengan kapasitas menjadi hal yang harus dipenuhi. 

So, jangan sampai Anda terlalu buru – buru memesan tempat tetapi jumlah tamu yang datang ternyata melebihi kapasitas dari tempat tersebut. Hal ini tentu saja akan membuat para tamu tidak nyaman ada di tempat yang begitu sesak. Dan akhirnya ini hanya akan jadi bumerang untuk Anda sendiri. 

Melupakan dokumen penting pernikahan

Dalam melangsungkan pesta pernikahan, dokumen tentu menjadi hal yang wajib dipenuhi dan penting sekali. Beberapa dokumen seperti KTP, surat nikah, akta kelahiran, dan lain – lain adalah beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi untuk mengesahkan pernikahan Anda dengan pasangan. Tapi sayangnya, tak sedikit dari mereka yang ceroboh dengan lupa mengurus dokumen atau pun membuat dokumen ini hilang. Mereka lebih fokus pada penyelenggaraan agenda pesta pernikahan hingga lupa siapkan dokumen yang jadi persyaratan pernikahannya.

Buru – buru sewa gaun pengantin

Gaun pengantin terbaru memang hal yang harus dipakai oleh pengantin pada saat resepsi berlangsung. Makanya jangan heran bila ada banyak calon pengantin yang sedang siapkan pernikahannya berhasrat untuk menyewa gaun jauh – jauh hari. Faktor ketersediaan yang terbatas jadi alasan kenapa mereka ingin fitting dan menyewanya jauh – jauh hari. 

Padahal gaun pengantin ini merupakan busana yang harus dipakai dengan tepat dan pas dengan tubuh Anda. Sementara itu Anda tahu sendiri bahwa tubuhmu tidak selalu sama disetiap waktunya. Bahkan ada kalanya disuatu waktu berat tubuhmu turun atau bisa jadi naik. Makanya lebih baik sewa gaun di hari – hari menjelang waktu pelaksanaan, agar proses fitting pun sesuai dan tepat dengan saat Anda memakainya di resepsi pernikahan nanti.

Persiapan spiritual

Tidak hanya itu saja, persiapan pernikahan sederhana dalam Islam lainnya adalah persiapan spiritual. Ya, menikah pada dasarnya tak hanya suatu hal yang butuh persiapan mental juga fisik saja, tetapi dibutuhkan pula kesiapan spiritual. Seseorang yang menikah lebih baik meminta petunjuk kepada Tuhan YME dan mendekatkan diri kepada-Nya agar pernikahannya nanti sesuai dengan syariah yang diberikan bagi umat Islam. 

Inilah kenapa seseorang yang akan melangsungkan pesta pernikahan juga dianjurkan untuk melakukan sholat istikharah dan lebih rajin lagi dalam melaksanakan ibadah lainnya, seperti berpuasa agar ia benar – benar merasa mantap untuk menikah.

Persiapan ekonomi

Pasangan yang akan menikah tentu saja harus memikirkan kehidupan mereka setelah pernikahan tersebut digelar, oleh karenanya lebih baik sebelum melaksanakan pernikahan, baik laki – laki dan perempuannya telah memiliki kesiapan materiil, khususnya bagi pihak mempelai laki – laki yang nanti akan mencari nafkah bagi keluarganya. 

Dengan begitu sebelum menikah lebih baik seseorang telah memiliki pekerjaan yang nanti bisa dukung kehidupan dalam berumah tangga walaupun yang demikian ini tidak jadi patokan, sebab Tuhan YME berjanji akan menggabungkan rizqi dan melimpahkannya bagi mereka yang akan menikah.

Terlalu berhemat

Anda memang boleh – boleh saja mengatur resepsi pernikahan yang akan Anda gelar dengan sederhana dan hemat, tapi tahukah Anda bahwa dalam sebuah acara apalagi acara pesta pernikahan Anda tidak bisa menganggarakan dana yang terlalu minim atau pun pas. Anda harus melebihkan dana untuk beberapa pos, khususnya untuk biaya konsumsi. 

Anda mungkin bisa mendapat jumlah undangan tamu yang akan datang, tetapi siapa yang bisa tahu jika mereka datangnya bersama – sama dengan anak – anak maupun saudara mereka. Ketika yang demikian tersebut terjadi, hal yang paling mungkin bisa Anda antisipasi adalah dengan menyediakan dana lebih khususnya untuk konsumsi jika ternyata ada banyak tamu yang melebihi data undangan.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang persiapan pernikahan dalam Islam. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Persiapan Pernikahan Dalam Islam : Hindari Kesalahan Ini!